Kamis, 27 Oktober 2011

Contoh Spesies Karang Hermatifik (Part 1)

Fungia horrida


Taksonomi:
Domain: Eukaryota
Kingdom: Animalia
Subkingdom: Radiata
Infrakingdom: Coelenterata
Phylum: Cnidaria
Subphylum: Anthozoa
Class: Anthozoa
Subclass: Zoantharia
Order: Scleractinia
Suborder: Fungiina
Family: Fungiidae
Genus: Fungia
Specific name: horrida
Scientific name: Fungia horrida (Dana, 1846)
(Zipcodezoo, 2011)




Distribusi : Tersebar di seluruh perairan Indonesia dan sangat umum dijumpai. Tumbuh pada kedalaman 15-25 meter. Pada daerah tropis 30°N - 27°S, 32°E – 137°W.
Karakter : Hidup bebas, secara umum penampilan jenis karang ini terlihat kasar. Koralum relatif tebal dan agak cembung. Septa tidak terlalu rapat dengan gigi kasar dan bentuk dan arahnya tidak beraturan.
Warna : Coklat tidak rata terlihat belang-belang kadang-kadang abu-abu.
Sinonim : Fungia danai. yang mempunyai gigi lebih halus.
(Coremap, 2011)
Penyebaran : Western Central Pacific.
(Cmilitante, 2010)
Gigi septum tidak teratur dan cukup besar, dan di bagian bawah, duri yang memanjang pada setiap costae keempat atau kedelapan. Ini subgenus dari Fungia umumnya memiliki gigi kasar pada septa, meskipun dalam spesies ini ini mungkin tidak begitu terasa. Biasanya ada beberapa lobus pada permukaan atas. Spesies ini sangat mirip dengan Fungia corona meskipun yang terakhir mungkin memiliki garis yang lebih teratur.
Karang adalah lingkaran, sampai dengan 200 mm diameter, dengan lengkungan pusat yang kuat. Septa memiliki gigi tidak teratur besar. Costae sangat tidak adil, dengan duri panjang. Tidak ada lubang antara costae tersebut.
(Worms, 2010)


Platygyra pini


Domain: Eukaryota
Kingdom: Animalia
Subkingdom: Radiata
Infrakingdom: Coelenterata
Phylum: Cnidaria
Subphylum: Anthozoa
Class: Anthozoa
Subclass: Zoantharia
Order: Scleractinia
Suborder: Faviina
Family: Faviidae
Genus: Platygyra
Scientific name: Platygyra pini (Chevalier, 1975)
(Zipcodezoo, 2011)
Distribusi : Tersebar di seluruh perairan Indonesia. Biasanya dijumpai di dekat tubir.
Karakter : Koloni massive kadang encrusting, koralit subcereoid hingga submeandroid dengan dinding relatif tebal. Septa tipis kolumella kecil di tengah.
Warna : Warna hijau, coklat muda kadang kuning tua.
Sinonim : Hati-hati kadang-kadang keliru dengan Goniastrea. Platygyra tidak mempunyai pali.
(Coremap, 2011)


Distribusi: Ditemukan di seluruh Australia., di Indo-Pasifik Barat, Laut Merah ke Madagaskar, Mesir ke Indonesia, Jepang ke Kaledonia Baru dan Australia, Mozambik, Somalia ke Fiji, Kepulauan Ryukyu ke Australia dan Indonesia, Filipina, Sri Lanka ke Papua Nugini.

Beberapa nama umum karang ini tahu adalah Karang Otak, Karang Otak Tertutup, Coral Ridge, Karang Worm, Karang Maze, Otak Worm Platygyra Karang, Karang Otak Maze, dan Coral Hijau Maze.

Habitat: Ditemukan di terumbu karang kembali, terumbu karang, dan daerah terpencil, pada kedalaman 10-131 kaki (3 - 40 m).

Koloni Platygyra bentuk besar yang datar atau berbentuk kubah. Dinding corallite memutar dan mengubah seluruh dinding karang dan berbagi. Mereka tidak memiliki lobus menonjol bulat yang berasal dari septa seperti genus Goniastrea. Mereka juga memiliki gigi yang kasar dan dinding septum corallite. Dinding corallite juga lebih berat dengan lembah yang memutar kurang dan lebih luas dari karang Leptoria. Biasanya, dinding yang berwarna cokelat atau abu-abu gelap dengan abu-abu atau hijau lembah meskipun ada variasi yang luas dari warna. Termasuk warna hijau, putih, krem, merah muda, abu-abu, dan cokelat, dan dapat memiliki warna terang atau membosankan.

P. Pini memiliki tampilan mirip dengan P. sinensis kecuali dinding corallite yang fleshier dan bulat. Lembah juga lebih kecil dan bentuk bulat tidak teratur atau bentuk oval, namun dapat lebih lama dan berbaring dengan satu atau lebih mulut di tengah polip masing-masing. Warna-warna yang abu-abu atau kuning ke coklat dengan pusat-pusat hijau atau krim.

Suplemen air berikut disarankan untuk spesies Platygyra:
* Kalsium: 400-430 ppm. Jika poli besar berbatu (LPS) karang tidak memiliki kalsium yang cukup, itu tidak akan tumbuh. (Seachem membuat aditif kalsium yang menyatakan 385 sebagai cukup)
* Alkalinitas: 3,5 mEq / L (8 sampai 11 dKh, 10 direkomendasikan)
* Fosfat: 0, nol. Fosfat adalah yang terburuk dari semua dan semua karang membenci mereka.
* Magnesium: 1200-1350. Magnesium membuat kalsium yang tersedia, jadi jika Anda rendah kalsium, magnesium memeriksa tingkat Anda sebelum menambahkan kalsium lagi.
* Stronsium: 8 - 10
(Brough, 2011)


Referensi:
Brough, Clarice. 2011. Maze Brain Coral. http://animal-world.com/Aquarium-Coral-Reefs/Maze-Brain-Coral#Scientific%20name. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Cmilitante. 2010. Fungia Horrida. http://www.sealifebase.org/Summary/speciesSummary.php?id=45842&lang=bahasa. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Coremap. 2011. Fungia Horrida. http://www.coremap.or.id/datin/coral_species/index.php?keyid=101&act=detail. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Coremap. 2011. Platygira pini. http://www.coremap.or.id/datin/coral_species/index.php?keyid=107&act=detail. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Worms. 2010. Fungia Horrida. http://www.marinespecies.org/aphia.php?p=taxdetails&id=207355. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Zipcodezoo. 2011. Fungia Horrida. http://zipcodezoo.com/Animals/F/Fungia_horrida/. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB
Zipcodezoo. 2011. Platygyra pini. http://zipcodezoo.com/Animals/P/Platygyra_pini/. Diakses pada 8 Oktober 2011 pukul 16.00 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar